Setelah SMA kira-kira memilih kuliah, kerja, atau kuliah sambil kerja? Nah, jika memilih untuk bekerja, terlebih dahulu apa yang harus dipersiapkan? Sudah tahukah bagaimana cara menulis surat lamaran kerja? Ada panduan menulis yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Penasaran bagaimana panduannya? Yuk, sama-sama simak.
Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan
Untuk membuat surat lamaran pekerjaan, yang harus diperhatikan seperti format berikut:- tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran kerja;
- perihal/hal;
- lampiran;
- alamat perusahaan/kantor yang dituju;
- salam pembuka;
- pembuka surat:
- isi surat lamaran (biodata pelamar);
- salam penutup;
- tanda tangan; dan
- nama.
Struktur Penulisan Surat Lamaran Kerja
Ketika membuat lamaran pekerjaan berikut adalah struktur yang perlu ditulis di dalamnya:- tempat dan tanggal pembuatan surat;
- perihal/hal;
- lampiran;
- alamat perusahaan/kantor yang dituju;
- salam pembuka;
- pembuka surat;
- isi surat lamaran;
- salam penutup; dan
- nama dan tanda tangan calon pelamar.
Tips Membuat Lamaran Pekerjaan
Setelah memahami struktur dan format dalam membuat surat lamaran pekerjaan, berikut ini adalah tips untuk membuat lamaran pekerjaan agar diterima:
- penulisan menggunakan bahasa yang baik dan benar;
- format penulisan tersusun rapi, pemilihan bahasa yang tidak bertele-tele;
- surat lamaran kerja ditulis secara manual dan memang kita sendiri yang membuatnya;
- lengkapi data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat anda melamar kerja; dan
- lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat dan pengalaman kerja.
Persyaratan yang Dilampirkan
Berikut adalah persyaratan-persyataran yang harus terlampir dalam surat lamaran pekerjaan:- Daftar Riwayat Hidup (DRH);
- KTP;
- legalisasi fotokopi ijazah terakhir;
- sertifikat; dan
- dokumen-dokumen pendukung lainnya.
informatif sekali...bisa dijadikan rujukan
BalasHapusTerimakasih sharing ilmunya
Cocok ki tak share ke muridku ya mbak ... untuk persiapan masuk dunia kerja ... 👍🏻
BalasHapusSilakan, Bu.
Hapus